Posted in Pendidikan

Tips Sukses Lulus UAS dan UTS

Tips Sukses Lulus UAS dan UTS

Seorang mahasiswa pasti akan menjalani UAS dan UTS. UAS sendiri dilaksanakan pada akhir semester ganjil dan semester genap. Sering kali UAS dapat menjadi beban bagi para mahasiswa, baik beban mental maupun beban emosional karena akumulasi jumlah materi yang ada dan waktu yang relatif singkat. Tetapi, jangan khawatir dan resah untuk menghadapi Ujian Akhir Semester. Diperlukan persiapan yang matang agar hasil yang kita raih maksimal sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Berikut ini merupakan persiapan yang perlu dilakukan mahasiswa agar dapat sukses lulus UAS dan UTS :

1. Membuat perencanaan waktu
Dari mulai awal kita menjadi mahasiswa baru, kita harus mulai bisa memanajemen waktu dengan baik agar tak ada waktu yang terbuang sia-sia. Dan saat jauh-jauh sebelum UAS, kita harus bisa membagi waktu agar saat ujian akhir semester berlangsung, tidak terganggu dengan aktivitas lainya. Mulailah membuat jadwal rencana belajar, bermain, refreshing dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Sesuaikan juga jadwal dengan kemampuan kita, jangan membuat jadwal yang terlalu padat sehingga membuat kita kehilangan semangat.

2. Buatlah mind map
Otak kita tidak didesain untuk menghafal catatan linear alias runtut ke bawah. Mindmapping adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide maupun gagasan pikiran. Karena cara kerjanya yang sesuai dengan cara kerja otak manusia, mencatat dengan mindmapping membuat kita mengingat materi lebih lama karena kita tau gambaran besarnya. Mindmapping memudahkan kita untuk memahami konsep. Meninggalkan cara lama dalam mencatat dan sedikit demi sedikit beralih ke mindmapping akan sangat mempersingkat waktu belajar kita. Dengan begitu, kita akan memiliki waktu lebih banyak untuk beristirahat, bermain, chatting, dan melakukan aktivitas lain

3. Belajar secara menyeluruh
Sebaiknya kita tidak pilah-pilih materi untuk belajar, usahakan semua materi kuliah sudah kita hafal minimal sudah dibaca berkali-kali. Ada yang membaca satu kali dia langsung hafal dan ada yang harus berulang-ulang kali untuk menghapalnya, jadi kita harus menilai diri sendiri berapa kali minimal untuk membaca. Kita juga dapat membuat sebuah rangkuman. Resume atau rangkuman adalah salah satu cara untuk mengembalikan semua pelajaran yang kita agak lupa. Cara ini dapat kita lakukan dalam setiap pelajaran yang kita anggap menyulitkan kita sehingga kita dapat memahami dengan mudah semua materi yang akan kita ujikan. Walaupun kadang dosen memberikan kisi-kisi materi yang diujikan tetapi kita harus berorientasi ke masa depan, pelajari semua materi yang pasti akan berguna dikemudian hari.

4. Menyusun Kelompok Belajar
Kelompok belajar terbukti efektif dapat membuat kita sukses ujian. Kegiatan belajar secara berkelompok akan terasa lebih menyenangkan dan lebih santai sehingga semua materi yang kita pelaari bersama akan lebih mudah kita pahami. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pkitai dan rajin belajar agar yang belum pkitai jadi ketularan pintar. Jangan mengajak terlalu banyak teman karena hal itu dapat memicu kita tidak konsentrasi, sebaiknya belajar kelompok dilakukan 4-6 orang. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah diskusi tanya jawab tentang materi kuliah baik dari dosen maupun buku-buku untuk lebih mengkritisi materi.

5. Hindari sistem belajar semalam atau “SKS”
Sistem kebut semalam adalah salah satu cara belajar yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, hindarilah cara belajar yang seperti ini karena seringkali dapat membuat keteteran dalam mempelajari materi. Selain itu, hasil belajar tidak akan maksimal dan dapat berakibat menghasilkan niat mencontek. Lebih baik, kita mencicil sedikit demi sedikit saat menjelang UAS untuk belajar. Agar tidak terjadi “kebanjiran materi” yang diselesaikan dengan SKS.

6. Jangan begadang sebelum ujian
Begadang akan membuat kita mengantuk saat ujian atau malah justru jatuh sakit. Perlu diketahui, pola begadang kita untuk menghadapi UTS dan UAS dengan meminum minuman seperti kopi dapat memaksa tubuh kita dan memaksa mata kita untuk tetap terbuka, ini jelas tidak wajar dan terkesan dipaksakan sehingga tidak lumrah untuk dirasakan yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan akan mempengaruhi nilai kita nantinya.

7. Hindari pekerjaan berat
Pekerjaan beraat dapat mengganggu konsentrasi kita saat menjelang ujian. Karena otak kita akan secara langsung menyerap dua tenaga yanag berlawanan, yaitu antara memori dan beban.

8. Jagalah Kesehatan
Menjelang UAS atau UTS biasanya banyak tenaga yang terforsir karena padatnya aktivitas. Jagalah kesehatan dengan makan teratur dan bergizi seimbang, agar tetap sehat dan dapat menjalani UAS dengan lancar. Perbanyak konsumsi buah buahan, jika perlu minumlah suplemen kesehatan agar dapat menjaga daya tahan tubuh.

9. Memohon doa restu kepada orang tua, keluarga, dewan guru dan teman-teman
Memohon restu kepada semua orang yang telah mendukung kita dapat membuat hati menjadi tenang dan tidak akan merasa tegang ketika menghadapi para pengawas, soal ujian dan kepastian. Terbukti ampuh menyalakan rasa tanggung jawab akan jawaban yang telah dijawab.

10. Berdoa
Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar diberi kelancaran dalam mengerjakan UAS dan diberi hasil yang maksimal. Dan hanya kepada Allah SWT kita pasrah dan menyerahkan segalanya kepada-Nya. Bahkan keajaiban yang akan dimunculkan oleh Allah SWT kepada siapa yang taat dan patuh serta menyebut nama-Nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s